Monday 8 September 2014

Ketika Lensa Manual Kini menjadi Primadona

          Lensa manual, jika tedengar di telinga yah memang lensa ini menggunakan focus manually oleh pengguna kamera itu sendiri. Beberapa orang menganggap lensa ini biasa saja namun bagi yang sudah teracuni alias suka dan cinta pada lensa ini lain cerita. Dahulu tahun 2009 lensa pertama yang saya miliki adalah Pentacon 50mm f1.8 yang sudah di oprek ke mounting nikon agar dapat saya gunakan di Nikon D70 saya. 

          Memang nyatanya lensa manual punya khas nya sendiri jika di banding dengan lensa AF dan harga yang di tawarkan pun beragam. Pengguna diberikan range memilih lensa yang sesuai dengan kantongnya. Namun kini di tahun 2014 Lensa manual kian mainstream dan tidak tanggung-tanggung harga lensa kini naik 200%. Coba bayangkan kadang harganya tidak rasional lagi untuk. Bukan bermaksud menyinggung pengguna manual lainnya maupun pedagang lainnya (karena saya juga pengguna dan pedagang) hehehe.

         Namun hanya pendapat saya sendiri saja ingin sekali harga lensa manual kembali stabil seperti dahulu. Namun mungkin ini yang dinamakan hukum ekonomi. Semakin banyak permintaan dengan penawaran yang sedikit maka harga otomatis jadi meningkat. Tapi kita nikmati saja trend yang sedang terjadi hingga tahun depan dan lihat perubahan trendnya seperti apa , berharap harganya turun kembali. xixixixi (edisi nambah dry box)

Terlepas dari itu semua salam damai untuk semua pengguna lensa manual. Salam manual Lens. :D

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More